Hay friends, Dengerin lagu yuks
Hehehehe ..
Irra Agustiyanti

Female, 42 years

USU Ekonomi Manajemen

irra.feisal@windowslive.com

Inti Duta Surya

Tiban Riau Bertuah

Batam, Indonesia

'Hi...Wish u enjoy at My Blog.....'
Journey of Destiny

Jumat, 12 Juli 2013

Tips Puasa Bagi Penderita Diabetes


Puasa di bulan Ramadhan menjadi sebuah kewajiban bagi setiap umat Muslim.
Namun gangguan kesehatan terkadang menjadi penghambat maksimalnya ibadah, terutama bagi para penderita diabetes.
Pasalnya, penyakit ini diakibatkan oleh tubuh yang tidak lagi memproduksi insulin yang cukup untuk menyeimbangkan kadar glukosa dalam darah. Umumnya hal ini dipicu oleh pola makan yang tidak tepat.
Karena itu, ketika sedang berpuasa, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar tetap dapat menjaga kondisi tubuh sekaligus menjalankan ibadah dengan maksimal.
Jika Anda mengalami diabetes dan ingin terus melanjutkan puasa, dapat memperhatikan beberapa hal berikut seperti dilaporkan Diabetes UK:

Jumlah Insulin
Jika Anda mengonsumsi atau menyuntikkan insulin, usahakan menguranginya selama bulan puasa sebab tubuh memerlukan penyesuaian terhadap pola makan yang akan diterapkan selama sebulan.
Insulin yang dicampurkan dengan zat lain tidak disarankan ketika berpuasa karena tubuh tidak terisi oleh makanan yang dapat mengangkutnya ke seluruh tubuh selama kurang lebih 13 jam.
Tak hanya itu, pemeriksaan tingkat glukosa dalam darah juga sebaiknya dilakukan secara rutin agar dapat memantau kadar insulin dalam tubuh.

Sahur
Ketika sahur, usahakan mengkonsumsi makanan seperti nasi, roti pita, sayuran dan buah-buahan. Waktu yang baik untuk sahur bagi para penderita diabetes adalah waktu yang tidak terlalu jauh dari imsak.
Usahakan makan sekitar setengah jam sebelum imsak agar tubuh tetap mendapatkan proses pengolahan makanan yang baik selama waktu puasa.

Buka puasa
Ketika berbuka puasa, hindari makanan manis dan berminyak. Jauhi makanan seperti goreng-gorengan. Perbanyak air putih dan hindari minuman yang terlalu manis dan mengandung kafein. Tentunya jangan makan melebihi kemampuan perut. Berhentilah sebelum merasa kenyang.
Dengan begitu, Anda bisa tenang menjalankan ibadah puasa selama sebulan. Selamat menunaikan ibadah puasa!

(tika/gur)



Print Friendly and PDF

Ditulis Oleh : Irrafeisal ~ Journey Of Destiny|We learn together to increase knowledge| we share knowledge and strengthen the friendship

Artikel Tips Puasa Bagi Penderita Diabetes ini diposting oleh Irrafeisal pada hari Jumat, 12 Juli 2013. Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan saran dapat Anda sampaikan melalui kotak komentar. Semoga Artikel Tips Puasa Bagi Penderita Diabetes ini bermanfaat. Dan Apabila friend Irrafeisal ingin artikel ini ada di postingan Anda, silahkan di copy paste aja, agar bisa menyebarkan lebih luas lagi ilmu yang bermanfaat...

Get free daily email updates!

Follow us!



Share to Facebook Share this post on twitter Bookmark Delicious Digg This Stumbleupon Reddit Yahoo Bookmark Furl-Diigo Google Bookmark Technorati Newsvine Tips Triks Blogger, Tutorial SEO, Info

0   komentar

Cancel Reply








Google PageRank Checker
DMCA.com

Daisy

Daisypath - Personal pictureDaisypath Anniversary tickers

backlink

Website Backlink Service


Auto Backlink Gratis : Top Link Indo

Auto Backlink Gratis : Top Link Indo



Beats Dofollow

Banner Qinthani : Top Link Indo
>