Hay friends, Dengerin lagu yuks
Hehehehe ..
Irra Agustiyanti

Female, 42 years

USU Ekonomi Manajemen

irra.feisal@windowslive.com

Inti Duta Surya

Tiban Riau Bertuah

Batam, Indonesia

'Hi...Wish u enjoy at My Blog.....'
Journey of Destiny

Jumat, 26 Agustus 2016

Journey of Destiny : Mengobati Dendam Di Hati

Rambut yang tercabut dari akar menimbulkan rasa sakit. Tangan yang tergores ataupun kaki yang tersandung pada batu juga menyebabkan rasa sakit. Perut yang ditendang, muka yang ditampar, terkena tusukan ataupun pukulan juga goresan pedang pasti menimbulkan rasa sakit. Rasa sakit itu tidak diperoleh melalui proses pendidikan dan pembelajaran. Rasa sakit itu bersifat alami dan fitrah. Begitu juga rasa sakit yang mendera hati, batin dan perasaan. Apabila kita dihina, pasti rasa sakit muncul dalam hati kita. Apabila kita difitnah, pasti muncul rasa perih yang menusuk jiwa.


Membalas Dendam: Pengecut atau tidak?

Ada orang yang mengatakan, orang yang tidak berani membalas sakit hati adalah pengecut. Mereka berkata, orang yang mengatakan “mari memaafkan” adalah orang yang munafik. Sakit hati perlu dibalas. Mata diganti mata dan gigi diganti gigi. Sakit hati dibalas dengan sakit hati, seandainya boleh, sehingga ke tahap yang sekejam – kejamnya. Ini salah.......

Sebenarnya salah apabila mengatakan orang yang tidak membalas sakit hati adalah pengecut. Menahan sakit hati supaya tidak membalas rasa sakit hati dengan cara menyakiti kembali bukan tindakan pengecut. Lebih dari itu, bersabar dan tidak menyakiti orang yang menyakiti ia tidak disebut sebagai tindakan pengecut.

Pengecut adalah ketika disakiti, lalu kita merasakan sakit, kecewa, sedih dan berputus asa karena tidak dapat berbuat apa – apa untuk membalasnya ataupun tidak kuat menahan rasa sakit dengan kesabaran. Inilah yang disebut sebagai pengecut. Orang yang pengecut biasanya lari dari tanggungjawab terhadap diri sendiri.

Pertanyaan yang sering muncul sekarang adalah mengapa dendam muncul dalam diri kita?

Adakah dendam perlu dibalas?

Seandainya dendam tidak terbalas, apa yang terjadi?

Dendam berawal dari rasa sakit hati.

Dalam buku yang berjudul The Road to Allah :

“Dendam adalah rasa marah yang kita simpan jauh dalam hati, sehingga merosakkan hati kita sedikit demi sedikit. Akibat menyimpan dendam, kita mengalami tekanan berpanjangan”


Ada orang menderita stroke karena disebabkan mereka sakit hati, dan ada orang menderita sakit jantung juga karena perkara yang sama. Semua itu disebabkan hatinya dikuasai dendam, tetapi dia tidak dapat melampiaskan dendamnya itu. Dendam dihati bukan hanya menyebabkan sakit hati, bahkan mungkin juga merusak kesehatan kita.

Dalam dendam memang selalu ada kebencian, marah, kecewa, putus asa, dan hampa kerana dendam itu tidak terbalas.


Adakah waktu dapat menguraikan dendam?

Ya. Tetapi tergantung pada orang yang memiliki dendam itu sendiri.
Apabila hati tidak segera dibebaskan dari rasa dendam, sakitnya tetap terasa walaupun waktu berubah.

Apabila orang berbuat jahat kepada kita, kita boleh mengambil jalan dengan urutan cara berikut:
  • Kita tidak membalas
  • Kita balas dengan cara setimpal
  • Kita bersabar dengan keburukan yang dilakukan oleh orang kepada kita

Antara akhlak Islam adalah apabila orang lain memperlakukan kita dengan buruk, kita membalasnya dengan berbuat baik, tidak dengan keburukan juga.

Namun, pada saat orang berbuat jahat kepada kita, biasanya tiada yang lain yang akan kita fikirkan kecuali bagaimana membalasnya dengan kejahatan juga. Kadangkala kejahatan sehasta dibalas dengan keburukan beberapa hasta Contohnya, kita difitnah mencuri uang perusahaan. Lalu, tindakan kita adalah membalas keburukannya dengan cara menyebarkan keburukan diri orang itu. Tentunya kita belum merasa puas. Kita pun berteriak memarahi orang itu, ditambah keinginan memukul, menendang, ataupun tindakan lain yang lebih ekstrem.

Jujur pada diri sendiri. Kita sering tidak sadar pembalasan kita sudah melampaui batas. Kita membalas keburukan dengan cara yang lebih buruk. Sekali kita dimarahi, kita membalas dengan berkali – kali memarahi. Sekali kita ditampar, kita membalasnya dengan menampar berkali – kali. Rasanya – rasanya, kita masih juga belum puas. Kita ingin menamparnya lagi, kita ingin menyakitinya dengan cara yang lebih sakit dan lebih sakit lagi.

Membalas keburukan dengan keburukan adalah kehinaan atas kehinaan. Derajat orang yang demikian adalah rendah, sama saja seperti membalas kedengkian dengan kedengkian.

Perkara yang melatari perkara itu adalah dendam dan bukan menegakkan keadilan.

Membalas keburukan dengan keburukan memang dapat membahagiakan hawa nafsu, Tetapi membalas keburukan dengan kebaikan adalah kemenangan manusia dihadapan manusia lain dan di hadapan Allah. 


Bersabar, bersabar dan bersabarlah..

Percayalah setiap apa yang berlaku pasti ada hikmah yang ingin Allah tunjukkan kepada kita. Apa yang perlu kita lakukan adalah sabar dan yakin bahawa semua itu akan datang pada kita, tepat pada masanya.


“Apabila kamu membalas kejahatan, kamu perlu membalas kejahatan yang sama seperti yang ditimpakan kepada kamu dan apabila kamu bersabar, tindakan yang demikian itu adalah lebih baik untuk orang yang bersabar” (An-Nahl ayat 126)




Print Friendly and PDF

Ditulis Oleh : Irrafeisal ~ Journey Of Destiny|We learn together to increase knowledge| we share knowledge and strengthen the friendship

Artikel Journey of Destiny : Mengobati Dendam Di Hati ini diposting oleh Irrafeisal pada hari Jumat, 26 Agustus 2016. Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan saran dapat Anda sampaikan melalui kotak komentar. Semoga Artikel Journey of Destiny : Mengobati Dendam Di Hati ini bermanfaat. Dan Apabila friend Irrafeisal ingin artikel ini ada di postingan Anda, silahkan di copy paste aja, agar bisa menyebarkan lebih luas lagi ilmu yang bermanfaat...

Get free daily email updates!

Follow us!



Share to Facebook Share this post on twitter Bookmark Delicious Digg This Stumbleupon Reddit Yahoo Bookmark Furl-Diigo Google Bookmark Technorati Newsvine Tips Triks Blogger, Tutorial SEO, Info

0   komentar

Cancel Reply








Google PageRank Checker
DMCA.com

Daisy

Daisypath - Personal pictureDaisypath Anniversary tickers

backlink

Website Backlink Service


Auto Backlink Gratis : Top Link Indo

Auto Backlink Gratis : Top Link Indo



Beats Dofollow

Banner Qinthani : Top Link Indo
>