Hay friends, Dengerin lagu yuks
Hehehehe ..
Irra Agustiyanti

Female, 42 years

USU Ekonomi Manajemen

irra.feisal@windowslive.com

Inti Duta Surya

Tiban Riau Bertuah

Batam, Indonesia

'Hi...Wish u enjoy at My Blog.....'
Journey of Destiny

Jumat, 17 Januari 2014

Perjalanan Ketiga : Kebangkitan Manusia

Kebangkitan manusia (Yaumul Qiyamah) adalah kejadian hidupnya manusia setelah mati kelak.
 
Allah Berfirman :
"Pada hari ketika mereka dibangkitkan Allah semuanya, lalu diberitakan-Nya kepada mereka apa yang telah mereka kerjakan. Allah mengumpulkan ( mencatat) amal perbuatan itu, padahal mereka telah melupakannya. Dan Allah Maha Menyaksikan segala sesuatu." (Al-Mujadilah ayat 6) 

Rasulullah saw bersabda:
"Setiap hamba akan dibangkitkan sesuai kematiannya." (HR. Muslim) 

Karakteristik manusia pada hari Kebangkitan

Pada hari Kebangkitan, manusia akan diciptakan dengan kondisi penciptaan baru dan mempunyai karakter dan sifat-sifat yang baru, misalnya, setelah itu manusia tidak akan mati (kekal) walaupun disiksa dan pada hari itu manusia bisa melihat para malaikat dan jin. Kebayang gak jika kita benar-benar berada pada hari itu? Kita disiksa dan tidak akan mati? Na'udzubilah ..


Manusia yang pertama kali dibangkitkan

Manusia yang akan pertama kali dibangkitkan ialah Muhammad saw,
beliau bersabda:
"Saya adalah tuannya seluruh anak Adam pada hari Kiamat kelak, dan saya adalah orang yang pertama kali akan dibangkitkan dari tanah." (HR. Muslim) 


Rasulullah saw juga bersabda:
"Janganlah kalian melebihkanku dari Musa. Karena pada hari Kiamat, manusia akan menjadi pingsan semua dan aku adalah orang yang pertama kali sadar. Saat itu Musa berada di samping 'Arsy, sehingga aku tidak tahu, apakah dia termasuk orang yang dibuat pingsan dan telah sadar atau dia adalah pengecualian yang dikehendaki Allah SWT." (HR. Bukhari) 

Kondisi manusia pada saat dibangkitkan
  1. Pada hari Kebangkitan nanti, manusia akan dihidupkan lagi dari kematiannya dalam keadaan tidak beralas kaki, tidak berbaju dan belum disunat (belum suci). Allah SWT berfirman: "Sebagaimana Kami telah memulai penciptaan pertama begitulah Kami akan mengulanginya. Itulah janji yang pasti Kami tepati; sesungguhnya kamilah yang akan melaksanakannya." (Al-Anbiya': 104)
  2. Orang yang mati berihram akan dibangkitkan dalam keadaan membaca talbiyah. Orang yang mati Syahid akan dibangkitkan dengan luka yang mengalirkan darah, namun darah yang berwarna merah itu menyebarkan aroma yang sangat wangi.
  3. Disunahkan membacakan talqin dengan kalimat Syahadat kepada orang yang meninggal dunia, agar dia nanti dibangkitkan sedang membaca syahadat dan termasuk golongan penghuni surga.

 Pertumbuhan manusia pada hari Kebangkitan
Pada hari Kiamat, manusia hanya diciptakan dengan satu tulang kecil, yang disebut dengan 'ajbudz-adzanab ('ajab artinya akhiran segala sesuatu). Ketika mereka tersiram air hujan, mereka akan berkembang, tumbuh menjadi besar,

sebagaimana sabda Rasulullah saw:
"Kemudian turun air dari langit, lalu mereka tumbuh sebagaimana tumbuhnya sayur-sayuran. Pada waktu itu, seluruh tubuh manusia hancur, kecuali sebuah tulang yang kecil, yaitu tulang ekor. Dari situlah makhluk akan dibangkitkan pada hari Kiamat." 

Jasad para Nabi

Pada saat semua makhluk hidup mati dan dimakan oleh bumi, Allah SWT menjaga keutuhan jasad dan badan para Nabi sehingga mereka tidak akan lenyap dimakan oleh tanah.
Rasulullah saw bersabda:
"Sesungguhnya Allah SWT melarang bumi memakan jasad para Nabi." (HR. Bukhari) 


Kurang lebih seperti itulah gambaran pada saat di bangkitkannya manusia ketika hari Kiamat, setelah dibangkitkan manusia akan dikumpulkan di Padang Mahsyar dan kemudia di Hisab amalnya sebelum menuju Surga, atau Neraka. Semoga artikel ini bermanfaat untuk sobat semua.


Print Friendly and PDF

Ditulis Oleh : Irrafeisal ~ Journey Of Destiny|We learn together to increase knowledge| we share knowledge and strengthen the friendship

Artikel Perjalanan Ketiga : Kebangkitan Manusia ini diposting oleh Irrafeisal pada hari Jumat, 17 Januari 2014. Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan saran dapat Anda sampaikan melalui kotak komentar. Semoga Artikel Perjalanan Ketiga : Kebangkitan Manusia ini bermanfaat. Dan Apabila friend Irrafeisal ingin artikel ini ada di postingan Anda, silahkan di copy paste aja, agar bisa menyebarkan lebih luas lagi ilmu yang bermanfaat...

Get free daily email updates!

Follow us!



Share to Facebook Share this post on twitter Bookmark Delicious Digg This Stumbleupon Reddit Yahoo Bookmark Furl-Diigo Google Bookmark Technorati Newsvine Tips Triks Blogger, Tutorial SEO, Info

0   komentar

Cancel Reply








Google PageRank Checker
DMCA.com

Daisy

Daisypath - Personal pictureDaisypath Anniversary tickers

backlink

Website Backlink Service


Auto Backlink Gratis : Top Link Indo

Auto Backlink Gratis : Top Link Indo



Beats Dofollow

Banner Qinthani : Top Link Indo
>