Hay friends, Dengerin lagu yuks
Hehehehe ..
Irra Agustiyanti

Female, 42 years

USU Ekonomi Manajemen

irra.feisal@windowslive.com

Inti Duta Surya

Tiban Riau Bertuah

Batam, Indonesia

'Hi...Wish u enjoy at My Blog.....'
Journey of Destiny

Senin, 14 April 2014

Egg Tart

Bahan custard:
  • 3 butir telur
  • 160 gram gula bubuk (blender gula pasir hingga halus)
  • 280 gram susu cair
  • 1 sendok teh ekstrak vanila

Bahan crust/kulit tart:
  • 125 gram mentega/margarine
  • 60 gram gula bubuk
  • 1 butir kuning telur
  • 1/2 butir putih telur
  • 1 sendok teh vanilla ekstrak
  • 210 gram tepung terigu serba guna

Cara membuat:

Membuat custard
  1. Siapkan mangkuk, masukkan telur dan gula bubuk. Dengan menggunakan spatula balon, aduk adonan hingga tercampur dengan baik. Jangan kocok adonan tetapi aduklah searah jarum jam, kita berusaha mengurangi munculnya gelembung udara sebanyak mungkin.
  2. Masukkan susu cair dan vanila ekstrak, aduk rata.
  3. Saring adonan untuk menghilangkan gelembung dan gumpalan telur dan gula. Diamkan adonan custard selama 1 1/2 jam agar gelembung udara hilang. Sisihkan.
Membuat crust/kulit tart:
  1. Siapkan mangkuk, masukkan mentega dan gula bubuk, dengan menggunakan garpu aduk cepat hingga tercampur rata dan menjadi adonan yang smooth. Tambahkan kuning telur, 1/2 putih telur, dan vanilla ekstrak, aduk dengan cepat.
  2. Tuangkan tepung ke dalam adonan mentega, aduk dengan garpu hingga tercampur baik dan menjadi gumpalan adonan. Siapkan sehelai plastik wrap, tuangkan adonan ke atas permukaan plastik, bulatkan adonan dengan kedua tangan dan pipihkan adonan. Tujuannya agar kita mudah menggilasnya. Bungkus adonan dengan plastik wrap dan simpan di dalam kulkas minimal 1/2 jam hingga agak mengeras.
  3. Taburkan tepung ke permukaan meja, letakkan adonan di atas tepung. Lumuri kayu penggilas dengan tepung, kemudian gilas adonan hingga tipis dan lebar. kemudian letakkan adonan ke atas permukaan loyang. Tekan-tekan dengan ujung jari agar adonan pas di loyang. Potong kelebihan adonan.
Cara lainnya yang lebih mudah adalah
  1. setelah adonan jadi, langsung letakkan di dalam loyang, dalam kondisi adonan yang masih lembek tekan-tekan dengan ujung jari sehingga memenuhi loyang. Atur agar ketebalan adonan merata dan potong sisa kelebihan adonan.
  2. Tusuk permukaan adonan crust dengan garpu, sebagai aerasi agar kulit tidak menggelembung saat dipanggang.
  3. Panaskan oven di suhu 150 derajat. Masukkan loyang berisi crust ke oven yang telah panas dan panggang selama 15 menit di rak paling bawah. Kemudian naikkan suhu menjadi 180'C dan panggang kulit di rak tengah selama 10 menit hingga permukaan crust menjadi kuning keemasan. Kita hanya akan memanggangnya setengah matang.
  4. Keluarkan loyang dan diamkan hingga crust/kulit benar-benar dingin.
  5. Tuangkan larutan custard ke crust/kulit yang telah dingin hingga hampir meyentuh tepian crust. Panggang di oven yang telah dipanaskan sebelumnya di suhu 165'C selama 15 menit kemudian kurangi panas oven menjadi 150'C dan panggang tart hingga custard mengeras namun masih sedikit berguncang kala loyang kita gerakkan.
  6. Jika custard telihat mengembang pada bagian tepinya namun di bagian tengah masih basah, keluarkan tart dari dalam oven, dinginkan sebentar hingga custard kembali rata dan panggang kembali hingga matang. Jangan berlebihan memanggang, karena itu selalu cek tart selama proses pemanggangan.
  7. Keluarkan tart dari oven, biarkan mendingin dan lepaskan dari loyang. santap selagi hangat



Print Friendly and PDF

Ditulis Oleh : Irrafeisal ~ Journey Of Destiny|We learn together to increase knowledge| we share knowledge and strengthen the friendship

Artikel Egg Tart ini diposting oleh Irrafeisal pada hari Senin, 14 April 2014. Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan saran dapat Anda sampaikan melalui kotak komentar. Semoga Artikel Egg Tart ini bermanfaat. Dan Apabila friend Irrafeisal ingin artikel ini ada di postingan Anda, silahkan di copy paste aja, agar bisa menyebarkan lebih luas lagi ilmu yang bermanfaat...

Get free daily email updates!

Follow us!



Share to Facebook Share this post on twitter Bookmark Delicious Digg This Stumbleupon Reddit Yahoo Bookmark Furl-Diigo Google Bookmark Technorati Newsvine Tips Triks Blogger, Tutorial SEO, Info

0   komentar

Cancel Reply








Google PageRank Checker
DMCA.com

Daisy

Daisypath - Personal pictureDaisypath Anniversary tickers

backlink

Website Backlink Service


Auto Backlink Gratis : Top Link Indo

Auto Backlink Gratis : Top Link Indo



Beats Dofollow

Banner Qinthani : Top Link Indo
>